Makna Logo SMP N 1 Alian

Makna Filosofis Logo SMP Negeri 1 Alian

a.    Bunga teratai berwarna merah dengan 8 helai kelopak bunga

Teratai merah melambangkan melambangkan keindahan dan keterbukaan. Delapan (8) helai kelopak bunga melambangkan jumlah kompetensi kepribadian (karakter) yang dibangun selama siswa mengikuti pendidikan, sehingga menghasilkan lulusan (output) yang memiliki delapan (8) watak alam (Hasta Brata) yaitu :

 1.   Watak Surya (Matahari)

Panas penuh energi

Memiliki semangat, energi dan gairah untuk bertindak produktif, efektif efisien.

 2.   Watak Candra (Bulan)

Indah dalam kegelapan

Mampu memberi pencerahan saat dalam kegelapan, serta mampu membuat perasaan   senang dan tenang.

3.    Watak Kartika (Bintang)

Berkerlip dalam kegelapan

Memiliki idealisme yang tinggi, mampu bersikap teguh, jujur dan disiplin serta menjadi penunjuk arah /panutan. 

4.    Watak Maruto (Angin)

Sejuk dan lembut

Memiliki watak kelembutan dan kasih sayang, tidak pilih kasih serta mampu memberikan  solusi pada setiap permasalahan, sebagaimana angin selalu berusaha mengisi ruangan kosong.

5.    Watak Dahana (Api)

Panas dan tegas;

Memiliki prinsip yang tegas, memberikan hukuman dan sangsi kepada yang bersalah, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi, sebagaimana api membakar apa saja kecuali air dan logam mulia.

6.    Watak Angkasa (Langit)

Luas tak bertepi

Memiliki wawasan yang luas dan dapat menjadi pengayom/ pelindungi bagi sesama

7.    Watak Samodra (Laut)

Bergerak sepanjang masa

Dinamis, tak berhenti berkreasi, mampu menerima segala macam saran dan kritik dengan lapang dada.

8.    Watak Bantala (Bumi)

Tempat berpijak

Rendah hati, sabar dan kreatif: mampu menghadapi segala masalah dengan kesabaran, pikiran dan hati jernih ketika mengambil keputusan, serta mampu memberikan harapan dan tumbuhnya kreatifitas, kreatif dalam mengatasi masalah, sebagaimana bumi menjadikan kotoran menjadi sumber makanan bagi tumbuhan.

 

b.   Lingkaran Warna Biru Muda bertuliskan “Gandaning Pandhita Arumning Tyas

  1. Lingkaran merupakan lambang kebulatan tekad, yaitu tekad untuk menjadi orang yang berilmu dan beriman taqwa, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa.
  2. Warna biru adalah lambang kesejukan, keteduhan dan kedamaian serta kekeluargaan

 

c.   Sayap burung merpati berwarna putih dengan lima helai bulu

  1. Sayap bermakna bahwa SMP Negeri 1 Alian berkewajiban mengantarkan rakyat menuju kejayaan sebagai bagian bangsa yang terdidik, maju dan modern yang dilakukan atas dasar ketulusan budi (keikhlasan) dalam mengabdikan diri “ mencerdaskan kehidupan bangsa “ untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.
  2. Bulu lima (5) menggambarkan semangat dan dinamika yang memanivestasikan sepak terjang, sikap dan cara berfikir yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan dan Keadilan.

 

d.    Sebuah Obor Menyala

Bermakna bahwa SMP Negeri 1 Alian memiliki semangat yang menyala-nyala/berkobar-kobar dan tak kunjung padam dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah, sehingga eksis dan efektif sebagai penyuluh/penerang dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

e.   Pita Merah Putih

  1. Bermakna bahwa dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah selalu berpegang teguh pada cita-cita dan semangat kebangsaan dan kebhinekaan, keberanian dan kebenaran, kesucian demi mewujudkan kejayaan bangsa dan Negara Republik Indonesia.
  2. Tulisan Spin’s_One adalah nama “Budaya kerja dan Budaya belajar” SMP Negeri 1 Alian yang merupakan perwujudan dari motto:

a)  Spiritual/agama (landasan moral);

b)  Prestasi dan prestise (motivasi langkah);

c)  Ikhlas (tujuan akhir);

d)  Normatif (tutur kata, sikap, dan perilaku);

e)  Sportif (dijunjung tinggi);

f)   Optimis (gerak langkah);

g)  Nasionalis (jiwanya)

h)  Edukatif (pribadian).

 

f.     Gambar Buku Berwarna Kuning Emas

Lambang Ilmu Pengetahuan, yang menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menimba ilmu pengetahuan sesuai dengan laju perkembangan teknologi, sehingga dapat menjadi bangsa yang besar dan beradab (mulia).